Contoh Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga (bagian pertama)

usaha rumahan ibu rumah tanggaTentunya sangat menarik jika Ibu rumah tangga mampu memperoleh penghasilan sendiri, umumnya karena tentunya menginginkan agar tetap bisa menjalankan aktivitas dan perannya dirumah, juga tetap beraktivitas lain yang mungkin bisa menjadi tambahan penghasilan keluarga. Sekaligus menambah teman dan jaringan.

Beberapa contoh usaha rumahan, bahkan sebagian dengan modal kecil, yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga sangatlah beragam dari usaha kreatif souvenir, makanan hingga pakaian. Berikut akan dijelaskan beberapa contoh usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga, beberapa diantaranya ialah :

1. Bisnis makanan dan minuman
Peluang bisnis ini menarik apabila ibu-ibu senang dengan aktivitas coba mencoba makanan dan punya hobi memasak dan membuat kue-kue. Contoh usaha ini misalkan membuat bakso, mie, bubur, seafood, kriprik singkong pedas, donat, kue kering, camilan, aneka minuman segar, jus buah, air minum isi ulang, pizza, steak, nasi kuning/uduk, burger dan kebab. Contoh ini adalah sebagian contoh yang bisa dikerjakan dirumah, kalaupun enak bisa dimakan sendiri dirumah.
Usaha ini bisa dijalankan dengan beragam variasi, diharapkan apabila pasarnya padat diharapkan bisa kreatif dalam menyajikan makanan. Cara penyajian bisa dengan membuat yang lebih profesional seperti kafe bahkan usaha kafe bisa dikembangkan menjadi usaha waralaba.

2. Bisnis Fashion dan aksesoris
 Bisnis fashion dan aksesoris bisa menjadi pilihan bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga, karena pasarnya sangat luas dan umumnya tidak jarang orang membeli pakaian dan aksesoris hanya 1 kali saja. Banyak keluarga yang mengumpulkan pakaian dan aksesoris lebih dari 1 buah. Contoh usaha ini misalkan dalam mengelola baju-baju jilbab dan muslim, aksesoris baju, sandal, sepatu, kosmetik, tata rias, parfum isi ulang, tas, bantal boneka, pin kreatif, sarung handphone, souvenir pernikahan, butik dan bordir.
Dalam menjalankan usaha fashion dan aksesoris bisa dijalankan dirumah karena sekarang usaha ini bisa dikerjakan melalui internet. Promosi bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau menggunakan jejaring sosial. Bahkan stok barang bisa dicari melalui internet. Salah satu strategi pemasaran fashion dan aksesoris bisa dengan cara dropshipping atau reseller.

3. Bisnis Tulis Menulis
Peluang Usaha ini bagi ibu-ibu yang senang dengan aktivitas menulis. Jadikan hobi ini sebagai tambahan penghasilan. Contoh usaha ini ialah menjadi penulis buku, penulis artikel dan cerpen, penerjemah. Buku atau artikel bisa dikerjakan dirumah dan dikirim ke penerbit atau majalah yang membutuhkan artikel-artikel, umumnya artikel2 yang sesuai dengan bidang-bidang yang digeluti ibu rumah tangga, seperti memasak, merawat anak dan lain-lain.

4. Bisnis Jasa
Pengelolaan bisnis jasa pun bisa dijalankan dirumah saja. Contoh usaha ini misalkan jasa pengetikan cepat, kursus musik, jasa travel online dan lain sebagainya. Untuk mencari order bisa dijalankan secara online melalui forum-forum yang ada di Indonesia seperti kaskus.co.id. Anda bisa bergabung di topik-topik tertentu dan sesekali bisa menawarkan jasa-jasa di forum khusus jual beli, atau bisa memasarkan kepada teman-teman dan relasi anda terdekat.

5. Bisnis Online
Saat ini model bisnis online bisa dijalankan dirumah, misalkan bisnis ditawarkan Ust Yusuf Mansur berikut ini BISNIS PPOB ONLINE DAN OFFLINE YUSUF MANSUR

Silahkan mengeksplorasi situs ini untuk mengetahui contoh-contoh usaha rumahan berikut tips-tips dan pertimbangan sederhana sebelum memulai. Tapi diMulai ya .. bukan cuma dicari dan dibaca.

Selanjutnya anda bisa  atau membaca kembali contoh usaha rumahan ibu rumah tangga (bagian kedua)

Popular posts from this blog

Bagaimana mencari data supplier, produsen, grosir, distributor lengkap untuk usaha anda?

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 3, Bisnis Penerjemah

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 2, Penulis Artikel dan Cerpen