Bagaimana mencari data supplier, produsen, grosir, distributor lengkap untuk usaha anda?

Untuk menjalankan usaha rumahan, khususnya peluang usaha yang 'memproduksi barang dan jasa' biasa perlu beberapa aspek, yaitu modal usaha, manajemen, marketing, produksi, sdm dan perlengkapan dan peralatan serta masih banyak lagi.

Salah satu yang akan dikupas disini ialah bagaimana mencari penyedia bahan dan perlengkapan untuk usaha anda atau bisa disebut supplier. Setiap bisnis rumahan perlu dikelola dengan baik, salah satu kelola yang lain ialah mengelola sumber bahan dan perlengkapan usaha.

Berikut cara-cara untuk mencari supplier usaha :

  1. Cara offline, cara ini tanpa menggunakan internet untuk mencari sumber informasi supplier.
    1. Membangun relasi offline, disini anda berkeliling dan mencari, memulai usaha dan memiliki catatan/ingatan untuk setiap relasi/toko yang anda temui. catatan disini bisa berbentuk buku ataupun kumpulan kartu nama atau mengingat dalam memori anda. Anda juga bisa membuat kartu nama dan saling berbagi informasi usaha anda untuk orang lain.
    2. Bertanya, disini anda bisa sering" ngobrol dan berbincang untuk mendapatkan informasi. Bergabunglah dengan grup-grup usaha disekitar
  2. Cara online, cari ini menggunakan internet untuk mencari sumber informasi supplier. Tidak ada jaminan cara ini lebih cepat dibandingkan cara offline, hanya saja cara ini lebih melihat peluang bahwa banyak informasi di internet yang sangat berharga.
    1. Misalkan mencari pada forum seperti kaskus.co.id, disana terdapat forum jual beli, atau forum khusus supplier
    2. Toko online, anda bisa mencari supplier dengan mengetikkan kata kunci pada google.co.id nama barang yang anda cari dan biasanya akan menemukan toko online yang menyediakan seperti ini mencari dengan google.
  3. Jika cara offline dirasa tidak mudah, dan cara online "terlalu banyak informasi ntuk anda" yang dicari, selain itu internet tidak memiliki daftar lengkap dan tidak semua ukm memiliki situs online dalam memasarkan produknya. Bagaimana jika anda bisa mendapatkannya dengan lebih cepat data-data tersebut. Anda bisa Mendapatkan Data Supplier, Produsen, grosir dan distributor lengkap yang mungkin tidak anda duga dan tidak pusing, mudah dan jauh lebih cepat.
Demikian informasi cara mendapatkan data supplier, produsen, grosir, distributor lengkap untuk usaha rumahan. Artikel ini akan diupdate dan berseri jika ada info-info lainnya. 

Terimakasih atas perhatiannya

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 3, Bisnis Penerjemah

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 2, Penulis Artikel dan Cerpen