Cara Promosi Usaha Secara Online Biar Laku

Berbagai cara agar usaha semakin maju ialah dengan meningkatkan penjualan produk atau jasa. Peningkatan penjualan produk atau jasa biasa didorong dari pengenalan yang baik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada market yang lebih luas. Semakin banyak yang mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan maka semakin besar peluang penjualannya. Dengan teknologi internet pemasaran semakin menjadi lebih mudah yaitu pemasaran secara online.

Berikut beberapa strategi untuk memasarkan bisnis anda secara online :
  1. Buatlah blog seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Anda bisa membuat blog, bahkan gratis. Blog ialah seperti situs ini, dan bisa dibuat secara gratis. Banyak blog gratis yang bisa digunakan untuk membuat pemasaran anda efektif misalkan untuk deskripsi produk atau informasi lain terkait tentang produk anda, misalkan di blogspot.com, wordpress.com. Kuncinya berikan informasi yang menarik kepada pembaca dan buat mereka tertarik akan produk tersebut, jangan lupa lakukan pembaharuan blog secara berkala. Pembaharuan blog secara berkala membuat mesin pencari lebih "senang" dengan blog yang di perbaharui secara berkala, sehingga apabila ada yang mencari produk anda di internet melalui mesin pencari, mesin pencari akan memprioritaskan blog anda. Sebenarnya masih banyak teknik SEO lainnya (teknik agar blog/web mendapat peringkat yang baik di mesin pencari sehingga memprioritaskan hasilnya kepada pengguna), akan dibahas dalam artikel yang lain.
  2. Buatlah toko online. Berbeda dengan blog, toko online langsung memajang barang dagangan dan membuat deskripsi produk setiap produk yang dipasang dan umumnya beserta harga. Anda bisa membuat toko online bahkan secara gratis di tokobagus.com dan berniaga.com.
  3. Gunakan social media. Gunakan social media seperti facebook, twitter, pininterest untuk memperkenalkan blog, toko online atau produk-produk anda secara langsung kepada relasi dan teman-teman anda. Pastikan mereka senang menerima info blog, toko online dan produk dari anda.
Semakin baik jika blog anda menggunakan nama domain yang unik dan lebih profesional misalkan tanpa menggunakan domain .blogspot atau wordpress dibelakang nama domain tersebut, cukup namadomainanda.com. Dimana namadomainanda diganti dengan nama yang anda inginkan misalkan tokoonlineku.com, lebih menarik bukan untuk promosi? bagi anda yang menginginkan agar domain terdaftar biasanya sewa selama 1 tahun, informasi tempat sewa domain misalkan di web hosting terbaik indonesia .
 Berikut beberapa cara lain untuk mempromosikan produk, jasa, blog maupun toko anda agar dikunjungi :
  1. Memasang produk-produk anda di Iklan baris online. Iklan baris salah satu merupakan layanan untuk mempromosikan produk anda. salah satu contoh daftar iklan baris gratis : http://www.adeipit.com/2012/12/daftar-iklan-baris-gratis-untuk-promosi.html
  2. Ikuti milist, seperti yahoo groups (groups.yahoo.com) atau google groups (groups.google.com). Disini anda bisa bergabung bersama grup-grup yang relevan dan berkontribusi untuk mengirimkan info artikel atau produk anda. Pastikan jika telah memiliki website, baik berupa blog atau toko online anda bisa memasukkan link disetiap email agar mereka bisa mengunjungi website anda.
  3. Ikuti Forum. Ikutilah beberapa forum, dan biasanya beberapa forum menyediakan tempat khusus berjualan, disini anda bisa berpromosi secarai baik mengenai produk atau jasa bahkan website anda.Tapi pastikan anda mengetahui aturan forum dalam membuat artikel/konten. contoh forum di Indonesia : kaskus.co.id
Semuanya terlihat mudah ...? ya yang penting terus konsisten untuk maju :D

Popular posts from this blog

Bagaimana mencari data supplier, produsen, grosir, distributor lengkap untuk usaha anda?

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 3, Bisnis Penerjemah

Usaha Rumahan : Tulis Menulis Bagian 2, Penulis Artikel dan Cerpen